INDOMENTATOR

Jumpa lagi dengan khiko disini hahaha….

Apa kabar dunia luar? semoga tetep asyik yah, jangan kaya gue yang udah gak asyik lagi karna sibuk ngerjain skripsi yang belum kunjung selesai nih hehehe..
Ada aja alesan buat ngeles kalo ditanyain “udah kelar belom ko bab 4 lo? tinggal 5 hari lagi lho!!” trus dengan santainya gue jawab “yah santai lah, klo buat gue sih, semakin di teken semakin asoy” hahaha.. semoga kalimatnya gak berarti ambigu hahaha..
Okay, disela-sela kesibukan gue bikin skripsi, akhirnya gue nemuin satu hal yang dari dulu pengen gue share to le monde.. yakni tentang orang-orang indonesia, my beloved country hehehe…
Tadi pas gue lagi nonton bola antara Indonesia vs Kamboja (tumben kan gue nonton bola hahahha..) i did noticed one thing yakni tentang komentator! ya, komentator!

Apa ada dengan komentator?!

sport_crew1
sport_crew1

Sebenernya sih gak ada apa-apa, cuman terkadang gue kesel banget sama komentator, gak cuman komentator bola yah, tapi gue menuju ke seluruh komentator olah raga se indonesia! ‘Kenapa cuman komentator olah raga? gak komentator film ataupun komentator selebritis aja ko yang lebih pedes?!’

Begini teman-teman ku, menurut gue nih yah, klo komentator olah raga, yang suaranya selalu menemani kita setiap ada acara olah raga, itu annoy banget, karna mereka tuh cuman tau kondisi lapangan dari sudut pandang kamera aja, tapi gak bisa ngeliat dari sisi pemain. seringkali tuh komentator bilang

“terburu-buru” (kata yang pasti keluar di setiap pertandingan olah raga apapun!!), atau

“terlalu emosi” (ada di peringkat kedua setelah “terburu-buru”)

tanpa ngeliat dari sisi pemain, padahal kan dia gak tau tuh situasi angin kaya apa, lapanganya becek atau gak de es be lah yang membuat pemain kadang2 gak bisa maksimal mengeksekusi kegiatannya! dan bukan karna terburu-buru atau emosi!!
Dan udah gitu yah, parahnya lagi menurut gue di negeri tercinta kita indonesia ini lebih banyak komentatornya dari pada pelaku lho!!

Bayangin aja deh, waktu lagi pertandingan Thomas Uber, kalo kalian meratiin, pasti komentatornya tiap hari berubah deh, padahal yang main tuh itu-ituuuu aja.. makanya kadang gue lebih bosen liat komentator yang banyak dari pada bosen liatin pertandingan!

Menurut gue juga nih yah, lebih baik di setiap acara olah raga yang sifatnya “live” gak usah pake komentator deh! mending pake komentator dari luar aja deh yang gak pernah komentar tentang pemainnya tapi lebih banyak menjabarkan jalannya pertandingan tanpa banyak opini!

Huff… mungkin ini ada beberapa hal yang bisa gue sarankan buat para komentator olah raga itu:

  1. Ada baiknya kalian jangan komentar dulu deh sebelum pertandingan selesai, gak guna juga kan kalian semua pada bilang “tim ini kurang kompak, kurang semangat” atau apalah you named it, toh mereka juga gak bakalan denger! plis deh bu! mending abis pertandingannya kelar, baru dah dibahas tuh pertandingan, karena emang udah ada hasilnya jelas dan lo bisa analisis dulu sebelum lo komentar!
  2. Kalo mau bikin lebih seru, ada baiknya pihak studio juga mengajak serta pihak yang bertanding, kaya pelatih atau pun pemainnya, biar data yang didapat lebih akurat, gak berdasarkan terawangan mata aja bu! kan lebih seru juga tuh bisa tau kondisi pertandingan langsung dari sumbernya di lapangan, BUKAN dari studio!
  3. Lebih afdol lagi, klo semua komentar yang dibuat setelah anda menyaksikan seluruh pertandingan itu dibuat dalam bentuk fisik A.K.A di tulis!! kenapa?! karna dengan begitu, masyarakat indonesia yang juga demen komentar, bisa tau dan menyaring siapa aja sih komentator yang layak untuk didaulat sebagai “the real commentator”. karena dari tulisan itulah kita bisa tau secara mendalam analisisnya dia, apa komentarnya cuman ngomong doang atau emang komentarnya berdasarkan fakta yang ada saat pertandingan itu terjadi! Jangan kalah deh sama komentator film! mereka aja berani nulisin komentarnya, masa anda tidak!

Udah ah segitu dulu aja, khiko mau ngerjain skripsi lagi hehehe…

Dan saya berdoa semoga judul postingan saya ini benear benar tidak terjadi, yakni indonesia akan menjadi terkenal dengan sebutan indomentator alias negara yang punya komentator segudang tapi belum tentu bermutu!

Yang pasti jaminan mutu mah Baygon pak!!!

au revoir, sayonara, adios…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s