It’s Xmas Time!!

It’s christmas time and there’s no need to be afraid..

Itu penggalan lagu ‘Do They Know It’s Christmas’ yang kembali dipopulerkan oleh Glee Cast tahun lalu dan masih terngiang di kuping gue sampe sekarang.

I am a moslem, well to be honest bukanlah yg 100% taat dan klo bisa dibilang masih sering bandel hahaha.. Tapi bukan itu point utamanya, yang mau gue bahas disini adalah gimana natal itu udah bukan lagi hal yang bersifat religi tapi sudah jadi budaya dunia. Ya, dunia, kalau di Indonesia sih menurut gue masih 65% religi 35% budaya dan yah kayanya porsi budaya akan semakin meningkat seperti halnya ‘budaya Lebaran’ bagi masyarakat Indonesia.

Bedanya religi dan budaya dari mata gue sih lebih kearah aplikasi eventnya. Kalau natal dilihat dari sisi religi, pasti gak jauh dengan Idul Fitri bagi umat Islam yakni adanya ibadah tertentu yg dilakukan untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhan. Dan tenang, gw gak bahas natal dari sisi itu as I said before.

Budaya natal yang gue tahu adalah ‘sharing and joyful’. Bisa dilihat dari berbagai acara dan bentuk lainnya yang selalu dikaitkan dengan bagi-bagi atau tukeran kado. Anak-anak yang berkelakuan baik dapet kado, yang bandel, di grounded dulu baru dapet kado (katanya) and that’s why kids love xmas. Mereka ga ditakutin tapi lebih dibimbing untuk jadi ‘anak baik’ biar dapet ganjaran setimpal. Kado juga dibagiin buat mereka yang kurang beruntung. Simple yet meaningful.

Dan the best part of xmas for me is the Joyful!! Yes, it’s a month full of joy on December!! Snowflakes, tree, shining light, sleigh bell etc which happens once a year.. Hehehehe.. Most of xmas songs are formed in joyful way, itu yg bikin gue suka sama lagu-lagu natal dan bahkan dari lagu tersebut jelas banget klo natal udah gak cuma moment religius tapi jadi budaya.. Mereka masukin unsur romantis dan juga patah hati kedalam lagu berirama natal.. Dan jujur, untuk ‘Lebaran’ saat ini belum ada yang menyentuh hal tersebut, pun kalau ada, as far as I know, hanya grup musik Bimbo yang bisa bikin lagu ‘Lebaran’ tetap asyikk tanpa harus merasa ‘ditekan oleh sisi religi’ 🙂 ..

Dan tiap natal datang, gw jadi langsung kepikiran, kapan yaaa moment lebaran bisa jadi seperti ini.. Meski natal dan lebaran beda adat, tapi kan sebenernya punya kesamaan seperti berbagi (read: zakat untuk umat Islam) dan keceriaan (kemenangan saat Idul Fitri). Jadi gue masih menunggu musisi dan juga seniman lainnya untuk bisa membuat Lebaran sama menyenangkannya seperti era Bimbo dulu..

See ya and Happy Xmas dear folks!

Advertisements

One thought on “It’s Xmas Time!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s