Ghost Writer

Agak terpanggil tuk menulis singkat lagi sejak ada kejadian duplikasi yang gak jelas dan gak penting hahaha,, tulisan ini diilhami oleh saat saya menyadari bahwa ada banyak sekali jenis akun socmed yang dibuat oleh perusahaan besar tuk ngegaet pelanggan baru di dunia maya.

Seperti biasa, gue gak bahas ttg kenapa harus ada akun socmed, apa baik buruk socmed dan lainnya, karna it is a common things and you may find more than zillion article about that. Yang gue mau bahas itu tentang gimana sih baik atau buruknya jadi seorang admin dari sebuah akun perusahaan. Gak gampang lho jadi admin, karna gue pernah jadi admin socmed di 3 perusahaam yang karakteristiknya super beda-beda. Dan mungkin tips dari gue ini bisa jadi bahan tambahan buat kalian yang ingin berprofesi sebagai ghost writer di dunia maya. Cekidot!!

1. Ngertiin dulu social media.
Klo mau jadi admin, kalian tentunya harus tau dulu gimana cara ngegunain seluruh jenis social media yang ada, mulai dari yang common seperti facebook sampai yang udah mulai niche seperti path atau spotify. Gak cuma harus tau, tapi kalian juga perlu tuk jadi regular member dan cari tahu plus minus dari site tersebut. Selain itu, kalian juga harus ngerti fungsi dari masing-masing fitur dasar dan advance yang disediakan oleh penyedia jasa socmed. Dengan begitu, kalian dapat menjadi berbagai macam orang khusus yang sesuai dengan karakteristik si social media yang digunakan.

2. Be social and creative!
Klo jadi admin perusahaan, pasti followernya akun itu udah lebih dari seribu orang doong.. Nah setelah ngertiin socmed, langkah berikutnya itu kalian harus bisa bersosialisasi! Gak haru jadi anak gahul di dunia nyata ataupun maya, yang penting adalah kalian bisa nyambung dengan audiens yang dituju. Pelajari gaya bahasa dari fans/follower akun tersebut dan jadikan dirimu selayaknya anggota dari kumpulan mereka. Jangan sekali-kali merasa lebih tinggi karena kalian admin, tanpa komunikasi yang baik dgn mereka, bisa jadi kalian bakalan kehilangan pekerjaan lho karna dianggap gak bisa berbaur dengan pelanggan perusahaan itu.

3. Kenali karakteristik perusahaan.
Ini yang paling penting! Sebelum kalian terima job, pastikan kalian mengenal karakteristik dari perusahaan yang akan kalian pegang akunnya. Kalau perusahaan yang bergerak di industri yang tidak banyak regulasi dan berjiwa muda, maka kalian pun harus siap mengerti dan selalu bergaya anak muda dalam penulisan body copy. Sebaliknya, klo di hire perusahaan yang kaku, maka jangan sekali-kali kalian berkomunikasi dengan gaya slengean dan terlalu gahul, bisa-bisa perusahaan itu malah marah sama admin socmednya. Ada baiknya, kalian sering berdiskusi dgn pihak internal perusahaan tentang tujuan dan arah socmed dari perusahaan itu. Kalau perusahaan kaku itu ternyata bertujuan mempermuda brandnya, maka kalian bisa berkreasi sesuai target baru perusahaan, tapi kalau tidak, ya kalian yang harus bisa menyesuaikan diri. So, jangan sampai salah bergaya ya!

4. Make it simple!
Memang gak mudah untuk bisa menuangkan bahasa lisan menjadi bahasa tulis. Apalagi klo disuruh untuk mempersingkat kemauan klien yang bejibun kedalam setidaknya 140 karakter. Dalam tahap ini, yang kalian butuhkan adalah latihan dan latihan. Tarik ide dasar dan gunakan bahasa to the point namun tetap sopan dan sesuai dgn targetnya. Kalaupun memang tidak bisa disingkat, maka buatlah cerita singkat bersambung dan gunakan satu redline dalam setiap info yg disampaikan. Dengan adanya redline, pengikut akun perusahaan itu akan lebih mudah untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. Salah satu tipsnya adalah dengan menggunakan hashtag pada twitter.

5. Analytic makes parfait!!
Yang terakhir dan bisa jadi plus banget buat kamu yang ingin jadi admin socmed itu adalah dengan mengetahui dan bisa buat analisa dari kegiatan socmed yang dijalankan. Perusahaan gak akan rela buang uang tuk bayar kamu jadi admin tapi tanpa feedback yang mantap. Banyak tools yang bisa kalian gunakan dan aplikasikan buat ngelacak kegiatan socmed, mulai yang gratis macam analis hashtag hingga yang berbayar seperti melacak pembaca info di socmed berdasar demografisnya. Biasanya, hal ini yang sering terlewati oleh admin socmed, mereka hanyanjago cuap-cuap tapi pas ditanya impactnya apa malahan gak bisa jawab.. Tips untuk cari tools socmed analysis, bisa langsung googling dengan keyword seperti “facebook analytic tools” atau “hashtag analysis” dan lainnya.

Sekian dulu dari saya. Semoga tips ini bisa membantu teman-teman pembaca yang ingin berkecimpung di dunia maya.

Salam Khikomunitas.. 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s